Beberapa Contoh Alat Kesehatan Di Rumah Sakit

Mengenal alat kesehatan tidak ada salahnya untuk kita. Beragam jenis alat – alat medis yang cukup banyak ini bisas kita lihat ketika kita berkunjung ke rumah sakit dan klinik. Sebelumnya, tahukah anda apa yang dimaksud dengan alat kesehatan ? Alat kesehatan didefinisikan sebagai instrument, apparatus, mesin, implant yang tidak mengandung obat yang berfungsi untuk mencegah dan mendiagnosa penyakit, merawat orang sakit dan memulihkan kesehatan pada manusia dan untuk membentuk struktur dan memperbaiki jaringan tubuh.

alat kesehatan di rumah sakit

Alat kesehatan umumnya terdapat tiga macam kategori yaitu alat Elektromedik, Non Elektromedik dan alat diagnostic in vitro. Ketiga macam kategori alat tersebut bisa kita temukan di rumah sakit dari sekian macam alat – alat kesehatan yang ada di sana. Berikut beberapa contohnya.

Spirometer

Alat Spirometer ini berfungsi untuk mendiagnosa penyakit. Berarti dapat kita pahami bahwa alat ini termasuk ke dalam kategori alat diagnostic. Spirometer digunakan untuk menganalisa ada tidaknya gangguan paru – paru yang diderita seseorang dengan memperhitungkan data – data volume udara yang ada di dalam paru – paru saat ekspirasi. Dulu kita jarang menemukan alat ini, namun sekarang sudah sangt banyak yang menjualnya. Harga alat spirometer juga sangat bervariasi, ada yang murah ada juga yang mahal. Tapi, semurah – murahnya alat kesehatan, itu berkisar antara puluhan juta rupiah.

Alat Suntik

Banyak orang menyebutkan spet, atau spuit. Alat ini juga dinamakan dengan syringe. Alat suntik berfungsi untuk memasukkan cairan obat ke dalam tubuh manusia langsung ke dalam saluran vena. Dalam hal ini alat suntik dilengkapi dengan jarum suntik yang sangat tajam untuk mengurangi rasa sakit. Alat ini langsung dibuang setelah digunakan karena dikhawatirkan bisa menimbulkan penularan infeksi.

EKG (Elektrokardiografi)

Merupakan alat kesehatan yang berfungsi untuk merekam aktifitas otot jantung. Alat ini dilengkapi dengan elektroda yang ditempelkan di dada pasien pada saat pemeriksaan. Dilengkapi dengan sistem yang cukup kompleks sehingga data hasil rekaman bisa diubah atau ditampilkan dalam bentuk printout. Dokter akan menganalisa hasli printout yang kalau kita lihat seperti grafik. Dari data tersebut dokter akan menyimpulkan ada tidaknya gangguan pada jantung psien.

Nah, itulah seklumit tentang alat – alat kesehatan yang ada di rumah sakit. Anda bisa mengenal dan mendalami lebih banyak lagi materi dari sumber – sumber dimana saja. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *