Pengertian Akantosis Nigrikans

Akantosis nigrikans yaitu kelainan pigmentasi kulit yg tidak menyebar serta umumnya tidak membahayakan. Walau demikian, keadaan ini bisa jadi sinyal masalah kesehatan enteng sampai berat yang bisa menjadi efek bahaya bagi kulit untuk itu fungsi klorofil sangat penting demi menjaga pigmentasi kulit anda.

Pengertian Akantosis Nigrikans

Akantosis nigrikans diikuti lipatan-lipatan kulit yang menghitam, menebal, serta memiliki tekstur seperti kain beludru. Ruang kulit ini meninggalkan bau tidak sedap serta gatal-gatal pada kulit.

Penyebabnya Akantosis Nigrikans

Belum juga di ketahui dengan tentu penyebabnya akantosis nigrikans, tetapi biasanya keadaan ini berkaitan dengan resistensi insulin. Di bawah ini beberapa penyebabnya akantosis nigrikans :

Obesitas. Akantosis nigrikans umumnya keluar akibatnya karena obesitas. Makin berat, makin tinggi resiko menanggung derita akantosis nigrikans.

Resistensi insulin. Keadaan ini mengakibatkan badan tidak bisa memakai insulin seperti harusnya. Insulin yaitu hormon yang yang dibuat di pankreas untuk mengontrol kandungan gula darah. Resistensi insulin yang disebut penyebabnya penyakit diabetes type 2 serta umumnya orang dengan akantosis nigrikans juga mempunyai resistensi insulin.

Penggunaan obat-obatan serta suplemen. Akantosis nigrikans dapat dikarenakan penggunaan obat serta suplemen seperti obat kontrasepsi oral (pil KB), kortikosteroid seperti prednisone, serta niacin dalam dosis tinggi.

Kelainan hormon. Akantosis nigrikans bisa berlangsung pada pasien kelainan hormon seperti hipotiroidisme (kelenjar tiroid kurang aktif), pasien kista ovarium, serta pada pasien dengan menyusutnya produksi hormon di kelenjar adrenal (Penyakit Addison)

Kanker. Akantosis nigrikans dapat berlangsung pada pasien kanker seperti limfoma atau tumor yang lain pada organ-organ internal. Biasanya tumor daerah lambung, hati, serta usus besar (kolon).

Kelainan kelenjar hipofisis (pituitary) di otak.

Tanda Akantosis Nigrikans

Tanda akantosis nigrikans diikuti oleh ruang kulit berwarna abu-abu kecokelatan, menghitam atau lebih gelap dari kulit sekelilingnya. Keadaan kulit pada ruang ini kering, merasa gatal, serta kasar yang memiliki tekstur seperti beludru. Area-area kulit yang umum diserang akantosis nigrikans yaitu :

Bibir.

Leher.

Ketiak.

Telapak tangan.

Buku-buku jari.

Siku.

Lipat paha.

Lutut.

Telapak kaki.

Diagnosis Akantosis Nigrikans

Dokter bisa mengetahui akantosis nigrikans lewat penilaian segera ke kulit pasien. Biasanya dokter juga akan mengecek apakah pasien alami diabetes atau resistensi insulin, lewat tes gula darah atau tes insulin dengan berpuasa terlebih dulu. Diluar itu, kisah kesehatan pasien juga di check, termasuk juga kisah mengkonsumsi suplemen vitamin serta mineral, atau suplemen pembentuk massa otot. Dalam masalah yang tidak sering berlangsung, dokter juga akan ambil sedikit sampel dari potongan kulit (biopsi) yang terserang akantosis nigrikans untuk di check di laboratorium. Pada akantosis nigrikans yang belum juga di ketahui tentu pemicunya, dokter menyarankan tes darah serta beberapa tes beda untuk meyakinkan pemicunya.

Penyembuhan Akantosis Nigrikans

Penyembuhan akantosis nigrikans mempunyai tujuan untuk mengatasi penyebabnya dari akantosis nigrikans. Dokter biasanya juga akan merekomendasikan perlakuan berbentuk :

Penurunan berat tubuh.

Mengkonsumsi obat untuk melakukan perbaikan level hormon pada badan bila akntosis nigrikans dikarenakan oleh kelainan hormon.

Diberi obat-obatan penurun gula darah apabila alami diabetes.

Operasi, kemoterapi, atau radioterapi untuk pasien penyakit kanker.

Terkecuali menangani pemicunya, untuk melakukan perbaikan penampilan kulit, bisa diberi penyembuhan seperti :

Cream pencerah kulit yang memiliki kandungan asam alfa hidroksi, asam salisilat, serta urea.

Cream antibiotik.

Sabun antibakteri.

Obat jerawat minum seperti isotretinoin serta antibiotik.

Therapy laser yang fokus cahaya yang ditembakkan untuk melakukan perbaikan tampilan kulit.

Komplikasi Akantosis Nigrikans

Komplikasi dari akantosis nigrikans begitu tergantung dari pemicunya. Akantosis yang muncul waktu dewasa butuh di cari tahu pemicunya. Resistensi insulin serta diabetes type 2 seringkali terkait dengan akantosis nigrikans, tetapi peluang kanker tidak bisa diabaikan.

Mencegah Akantosis Nigrikans

Akantosis nigrikans bukanlah semata kelainan kulit. Untuk menghindarnya, yaitu dengan menghindar pemicunya, salah satunya :

Kurangi berat tubuh yang berlebihan atau obesitas, umpamanya dengan melakukan alur makan yang baik serta berolahraga teratur.

Ganti obat-obatan spesifik yang bisa menyebabkan munculnya akantosis nigrikans. Konsultasi pada dokter tentang pergantian obat-obatan.

Selekasnya kunjungi dokter spesialis kulit bila kulit Anda alami perubahan warna serta bentuk, baik perubahan kecil ataupun besar. Kadang-kadang perubahan kecil juga bisa jadi tanda awal diabetes atau masalah kesehatan beda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *