Menyatukan Benang Atas Dan Bawah Mesin Jahit

Cara Menyatukan Benang Atas Dan Bawah Pada Mesin Jahit

Untuk memudahkan proses menjahit, banyak yang memilih untuk menyatukan benang atas dan benang bawah pada mesin jahit. Umumnya hal ini dapat dilakukan pada mesin jahit mini baik mesin Jjahit mini portable maupun Mesin Jahit Singer Portable. Bagi beberapa orang yang asing dengan istilah konveksi mungkin menemukan kendala berkaitan dengan penyatuan benang atas dan bawah. Tenang, tidak perlu khawatir karena hal tersebut akan diulas di bawah ini.

Menyatukan Benang Atas Dan Bawah Mesin Jahit

Menyatukan Benang Atas dan Bawah

Agar bisa menyatukan benang atas dan juga bawah pada mesin jahit, akan lebih baik apabila langsung dipraktekkan sembari mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan. Sebenarnya, cara menyatukan benang atas dan bawah pada mesin jahit tidaklah sulit, jadi tidak akan memakan waktu lama untuk menyatukannya. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menyatukan benang atas dan bawah.

  1. Pertama-tama, pastikan mesin jahit tidak tersambung dengan aliran listrik atau dalam keadaan mati sama seperti ketika memasang benang pada mesin jahit. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi agar mesin tidak melukai Anda ketika sedang memasang benang.
  2. Setelah itu, pastikan warna benang yang akan dipakai sebagai benang atas dan juga benang bawah. Selain itu, pastikan jika benang pada spul nantinya akan terpasang berlawanan dengan arah jarum jam.
  3. Jika mesin jahit mini dan benang sudah siap, pasanglah benang bagian atas pada pengait benang bagian atas. Ingat, berlawanan arah. Apabila sudah terpasang, ambil bagian ujung benangnya lalu dimasukkan ke pengait benang kedua melalui lubang yang ada diantara pengait lubang pertama dan kedua.
  4. Pengait benang yang kedua sangatlah fleksibel karena dapat dikencangkan dan dikendurkan. Jadi, Anda dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah sesuai, maka pengait benang tersebut dikencangkan agar benang tidak terlepas.
  5. Sama seperti sebelumnya, ambil bagian ujung benang lalu masukkan lubang yang ada pada jalur di depan pengait benang kedua. Setelah itu, ujung benang langsung dimasukkan ke lubang bagian atasnya. Lalu, ditarik lagi dan sebagai langkah terakhir benang atas, ujung benang dimasukkan pada bagian lubang terakhir yaitu lubang jarum.
  6. Jika benang atas sudah terpasang, sekarang berpindah ke benang bagian bawah. Ingat, pasang spul benang pada bobin bawah berlawanan dengan arah jarum jam.
  7. Setelah benang bawah terpasang, ambil bagian ujungnya dan masukann pada celah yang ada di sebelah bobin. Lalu sejajarkan antara benang bawah dan atas.
  8. Tekan bagian penjepit jarum sehingga jarum akan turun dan menyatukan benang atas dan benang bawah. Akhirnya benang bawah dan atas sudah bersatu.

Itulah langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam cara menyatukan benang atas dan bawah pada mesin jahit mini. Mudah bukan?.Tapi bagi kalian yang masih mengalami kesulitan bisa datang langsung ke Toko Mesin Jahit Di Jakarta atau yang dekat wilayah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *